Tuesday, August 25, 2009

koas vs berkas

I'm an Intern. Apa itu Intern? Intern= co-assistant doctor = dokter muda. Sistem pendidikan dokter di Indonesia kan ga ribet-ribet amat... kelar sekolah menengah langsung bisa masuk Fakultas Kedokteran, apalagi jaman sekarang jalur masuknya ada banyak jenis n namanya, jaman aq dulu yah UMPTN/SPMB ato PMDK. Setelah selesai S.Ked aka Sarjana Kedokteran yang waktu jamanku kurang lebih 4 taon, maka lanjut ke pendidikan profesi dokter yang kurang lebih 2 taon yang judulnya Intern alias koas alias dokter muda tadi baru deh dilantik dokter.

Kalo dihitung-hitung aq udah nyelesein semua pendidikan profesi-ku, cuman... karena di perguruan tinggi ku urusan berkas pendidikan ribet amat ditambah lagi diriku bukan orang yang mau ribet sama urusan nyari tanda tangan, ngetik-ngeprint-jilid-koreksi-ngetik-ngeprint-jilid dan seterusnya, beginilah jadinya... ada beberapa bagian yang harus diulang lagi (bahkan ada yang dari awal ?!?!?!?!) hanya karena masalah sepele ::sigh::

Yang bikin lebih depresi lagi, kalo kamu punya garis keturunan dokter yang tipe A, yang pinter, lincah, ramah & rajin dan entah kenapa kayanya rantai-rantai AA di DNA mu ga nurunin gen-gen positif itu, ditambah berada di universitas yang sama dengan almamater mereka... then u'll know how I feel.

Aq sekarang berada disituasi "sisa-sisa filtrasi". Gambarannya, teman-teman seangkatanmu sudah dilantik dokter hampir setaon yang lalu, dalam 3 minggu ke depan sebagian besar teman-teman dekatmu akan dilantik dokter, disaat masuk lagi nyelesein the unfinished business kamu bakal segrup ma ade tingkat 2-3 taon dibawahmu hanya karena urusan berkas. nah itulah situasi yang aku hadapi.
>>ngomongin berkas apaan sih??
Gini,masing-masing bagian/divisi punya aturan berkas masing-masing ada yang ribet ada juga yang simple banget, tiap bagian punya kekuasaan buat bikin aturan soal berkas-berkas tersebut yang biasanya meliputi :
  1. Buku stase : bukti kalo qt dateng tiap hari yang biasanya ditanda tangan residen (dokter yang lagi sekolah spesialis) stase, kalo telat minta ttd bisa-bisa ga dapet ttd, kalo bikin masalah ato apapun yang dianggap masalah sama yang bersangkutan yah ga bakalan dapet ttd...
  2. Laporan Kasus : ngambil pasien, diperiksa, dipelajari penyakitnya, dibikin laporan dan dipertanggungjawaban, dipresentasikan, kalo ada koreksian berarti diperbaiki (baca: ketik lagi, ngeprint,jilid) baru disahkan (bac: nyari ttd lagi)
  3. Lembar nilai ujian : bukti kalo qt udah ujian, sebagian besar bagian ga ngasih ijin ujian kalo koas yang bersangkutan belum nyelesein lapkas
Nah... titik lemahku di no 2 itu, soalnya lapkas itu peru dikoreksi ama dokter pembimbing sampe disetujui untuk dipresentasikan trus dibaca setelah itu koreksi lagi, jilid baru tanda tangan.Kalopun semua beres, tapi dalam jangka waktu yang sudah ditentukan berkas-berkas tersebut belum sah, yah bakal dapet nilai TL(tidak lengkap) artinya, qt harus ngulang lagi... ~phew... Aq tidak dilahirkan untuk urusan beginian... tapi menyerah itu bukan jalan keluar, yah ga bakalan jadi dokter lah kalo ga di urus-urus.
Nah, blog ini dilahirkan buat nemenin 20 minggu yang berat dalam 5 bagian yang bakal aku jalanin kedepan buat all that unfinished bussiness.

No comments:

Post a Comment